Cara Menambah Ukuran (Harddisk) Drive C:\ (boot disk)

Saat pertama membeli salah satu laptop ASUS, saya hanya memberikan space sekitar 50 GB dengan rencana ingin diinstal Windows 8.1. Beberapa bulan kemudian, seiring perkembangan pekerjaan proyek-proyek, drive (partisi) C hampir penuh hingga hanya tersisa beberapa megabyte.



Sudah dicoba secara manual dengan menggunakan Harddisk Management bawaan Windows, tetap tidak bisa menambah partisi C, walaupun sudah membagi (shrink) partisi D.
Akhirnya setelah setengah hari googling, saya menemukan caranya di https://www.partitionwizard.com/resizepartition/reduced-d-drive-but-can't-extend-c-drive.html

Menggunakan Tool Partition Wizard Free ternyata penambahan partisinya tidak saat Windows sedang berjalan, tetapi tool ini me-restart laptop kemudian melakukan pekerjaannya secara non-Windows (entah apa namanya), kelihatannya sih seperti CMD atau semacam DOS :D :D Alhasil setelah proses selesai 100%, laptop restart lagi dan masuk ke Windows seperti biasa.

Sempat khawatir karena saya baru bisa masuk ke win explorer, setelah nongrong sekitar 10 menit di desktop (gk bisa buka apa2). Ternyata ini cuma efek setelah menambah partisi ke C.

Komentar

Postingan Populer