Prinsip Radio FM (Praktikum Dasar Sistem Telekomunikasi)

FM Generator FM2962B
Gb.1 FM Generator FM2962A

Input dari rangkaian ini berupa dua buah internal microphone serta dua buah sinyal sinusoid 1,2 kHz dan 2,4 kHz. Ketika dimasukkan, sinyal input dikuatkan oleh amplifier. Selanjutnya sinyal mengalami proses multiplex pada komponen dalam kotak merah seperti terlihat di Gb.2. Rangkaian ini menggunakan sistem Frequency Division Multiplexing (FDM) yang menggabungkan dua sinyal dan nantinya akan menghasilkan suara di speaker L dan R pada penerima.

Gb.2 Penyederhanaan Rangkaian FM Generator FM2962A

Selanjutnya sinyal input L dan R ini dijumlahkan (L+R) dan dikurangkan (L-R). Sinyal L+R menjadi sinyal mono untuk didengar di loudspeaker tunggal (penerima FM lama). Sedangkan sinyal L-R dimodulasikan. Lalu, keluaran dari modulasi DSBSC ini digabungkan (dijumlahkan) kembali dengan sinyal mono tadi. Alhasil, akan ditransmisikan siniyal L+R dan L-R ke penerima.

Penerima stereo mempunyai komponen khusus untuk memutar sinyal mono dan stereo, berbeda dengan penerima FM yang lama (Mono FM Receiver). Salah satu tujuan dari multiplexing sinyal stereo ini adalah agar kompatibel dengan penerima FM lama yang belum memiliki kemampuan menerima sinyal stereo. Penerima FM yang terdahulu ini hanya meneruskan sinyal pada rentang 0-15 kHz dari total sinyal FM yang masuk. Sinyal hasil multiplex pada generator tadi berisi gabungan channel L dan R (L+R). Penerima FM lama hanya akan memutar suara dari sinyal L+R ini.

FM Receiver FM2962B
Gb.3 FM Receiver FM2962B

Untuk dapat memutar sinyal secara spesifik (stereo); apakah hanya L, R, atau keduanya; komponen pada penerima FM Stereo ini harus mampu memisahkan sinyal L dengan R. Penerima ini tidak bisa langsung meneruskan sinyal L ke speaker L. Untuk melakukannya, komponen pada penerima ini akan menjumlahkan sinyal L+R dengan L-R. Sehingga menghasilkan sinyal 2L. Lalu komponen juga akan membagi 2 sinyal ini. Sehingga didapatlah sinyal L.

Begitu juga untuk mendapatkan sinyal R. Sinyal L+R akan dikurangi dengn L-R lalu dibagi dengan 2. Sehingga didapatkan sinyal R.

Gb.4 Penyederhanaan FM Receiver FM2962B



Referensi:
  1. Stereo Multiplexing For Dummies, http://transmitters.tripod.com/stereo.htm diakses: 3/12/2013
  2. Lesurf, Jim. Stereo FM Radio, http://www.st-andrews.ac.uk/~www_pa/Scots_Guide/RadCom/part21/page1.html diakses: 3/12/2013

Komentar

Postingan Populer